Minggu, 06 Maret 2011

Pulau Lengkuas, Sajian Keindahan dari Mercusuar

LENGKUAS untuk sebagian orang populer dalam tradisi boga dan pengobatan tradisional Indonesia. Tapi, berbeda dengan Lengkuas yang satu ini?

Lengkuas yang satu ini buka untuk tradisional, karena Pulau Lengkuas menawarkan hamparan tepi pantai yang bersih dengan pemandangan indah pulau yang ditandai dengan sebuah mercusuar yang berdiri kokoh.

Mercusuar merupakan identitas yang lekat dengan Pulau Lengkuas. Dibangun pada 1882 oleh pemerintah kolonial Belanda, mercusuar tua ini berfungsi sebagai cahaya pemandu bagi kapal yang melintas.Mercusuar ini memiliki 12 lantai dengan jendela di setiap lantainya.

Ini memberi kesempatan kepada mereka yang berkunjung untuk menikmati berbagai adegan yang indah dan bervariasi dari dalam mercusuar. Ketika berada di lantai atas, Anda bisa melihat pemandangan yang fantastis, terutama pemandangan laut dari segala penjuru. Dari atas mercusuar, batu granit besar terlihat seperti kerikil. Sementara itu angin dan bau laut membuat suasana semakin sempurna.

Selain pemandangan indah dari mercusuar, banyak orang datang ke sini untuk menyelam, menikmati terumbu karang, dan makan ikan bakar sambil minum air kelapa.Tidak sulit menuju pulau yang berada di lepas pantai Tanjung Kelayang, tepatnya di utara desa Tanjung Binga ini.Hanya dibutuhkan sekitar 30 menit dengan menggunakan perahu mesin dari pantai Tanjung Kelayang untuk mencapai objek wisata yang berada di Kecamatan Sijuk ini.

Selama perjalanan menuju pulau, Anda dapat menikmati pemandangan laut yang indah dan juga pulau-pulau lain di dekat Pulau Lengkuas, seperti Pulau Burung, Pulau Babi, Pulau Pengadaran, Pulau Lutung, Pulau Kera dan Pulau jenang. Bila Anda tertarik, langkah awal yang harus dilakukan adalah menentukan tanggal keberangkatan. Tidak perlu pikir panjang karena pulau ini memang layak untuk dikunjungi.

Sumber : Okezone.com

Tidak ada komentar: