Minggu, 13 Maret 2011

TNI Bangun Sekolah di Kongo

JAKARTA - Selain menjaga keamanan nusantara, Tentara Nasional Indonesia (TNI) juga melakukan misi kemanusiaan di berbagai negara. Salah satunya, membangun sekolah di Kongo, Afrika.

Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Kompi Zeni TNI Konga XX-H/Monusco membangun sebuah sekolah di Desa Ganggala KM 85 kota Dungu-Kongo. Sebelumnyam, mereka membangun jalan di Dungu-Faradje.

"Pembangunan sekolah ini merupakan komitmen Dansatgas Konga XX-H Letkol Czi Widiyanto dalam membantu masyarakat desa Ganggala di bidang pendidikan," demikian seperti dikutip dari keterangan tertulis Kompi Zeni, Senin (28/2/2011).

Bangunan sekolah semi permanen tersebut dilengkapi dengan bangku belajar, kursi, dan papan tulis. Kini, ke-195 murid sekolah tersebut tidak perlu lagi menumpang belajar di Gereja Mebelin yang hanya beratapkan alang-alang. Kepala Sekolah Ganggala Bakomba berterima kasih kepada Satgas Zeni TNI atas bantuan pembangunan sekolah yang menurutnya sangat bagus.

"Semoga masyarakat desa Ganggala akan semakin maju dan menghasilkan para generasi penerus bangsa Kongo yang dapat diandalkan. Selain itu, gedung sekolah baru ini juga dapat membantu guru dan murid dalam meningkatkan proses belajar mengajar," kata Bakomba.

Penyerahan sekolah dilakukan oleh Letkol Czi Widiyanto didampingi Perwira Kontruksi (Pakon) kepada Kepala Sekolah Bakomba pada Minggu, 27 Februari, siang waktu setempat."Kami harap bangunan sekolah ini dirawat, dijaga, serta dimanfaatkan dengan baik, sehingga nantinya akan melahirkan calon-calon pemimpin Kongo dari Desa Ganggala," tutur Letkol Widi berpesan.

Acara serah terima ini disaksikan oleh Kepala Desa Ganggala Sungwa Sunga Fidele. Dalam kesempatan itu, Sungwa juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas bantuan TNI dalam membangun jalan yang menghubungkan kota Dungu ke Faradje. "Pasukan TNI selama mengerjakan jalan tidak pernah menunjukkan tingkah laku yang kurang sopan kepada masyarakat Ganggala," imbuhnya

Sumber : okezone.com

Tidak ada komentar: