Minggu, 06 Maret 2011

Botak pada Usia Muda Pertanda Kanker Prostat?

ANDA sudah botak pada usia muda? Studi terbaru di Prancis menyebutkan, orang dengan kebotakan dini kemungkinan berisiko dua kali lebih besar menderita kanker prostat di kemudian hari.

Kebotakan rambut, khususnya pada para pria, adalah salah satu masalah yang paling sering dikeluhkan. Apalagi bila terjadi pada usia yang relatif masih muda. Selain tidak indah dipandang dan menimbulkan rasa minder saat berhadapan dengan orang lain, kebotakan pada pria usia 20-an ternyata juga mengandung risiko lebih tinggi untuk menderita penyakit berbahaya.

Sebuah studi terbaru di Prancis menunjukkan, pria yang menderita kanker prostat dua kali memiliki kemungkinan untuk memperlihatkan tanda-tanda kebotakan pada usia 20-an, daripada mereka tanpa kanker prostat. Namun, pria yang mulai rontok rambutnya sejak berusia 30-an atau 40-an tidak mendapatkan risiko yang sama.

Meski begitu, tim peneliti mencatat, orang yang mengalami kebotakan pada usia 20-an tidak menghadapi risiko lebih tinggi mengembangkan sel kanker atau tumor agresif pada usia dini. Mereka juga mengungkapkan belum mengetahui apakah seorang laki-laki yang mengalami kerontokan rambut pada usia muda dapat mengambil manfaat dari skrining kanker prostat.

“Saat ini tidak ada bukti kuat yang menunjukkan manfaat dari populasi umum saat melakukan skrining kanker prostat,” kata penulis studi Dr Philippe Giraud dari European Georges Pompidou Hospital di Paris, Prancis, dalam rilisnya melalui European Society for Medical Oncology.

“Kami perlu cara mengidentifikasi orang yang berisiko tinggi untuk mengembangkan penyakit ini,” tambahnya seperti dilansir HealthDay.com.

Memperhatikan bahwa hormon androgen pada pria yang terkait dengan rambut rontok juga berhubungan dengan kanker prostat, Giraud dan para peneliti lain menyebutkan perlunya studi lebih lanjut untuk melihat apakah intervensi yang mungkin cocok untuk pria dengan botak pada usia dini.

“Dokter musti tahu, bagian mana yang menjadi target skrining dan juga dipetimbangkan untuk tindakan kemoterapi dengan menggunakan obat antiandrogen seperti finasteride,” tuturnya.

“Kebotakan pada usia 20-an tahun sebenarnya dapat menjadi salah satu faktor risiko yang mudah dikenali, dan saat ini akan lebih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk mengonfirmasi tentang hal itu,” kata Giraud, yang juga seorang profesor bidang onkologi radiasi di Paris Descartes University.

Laporan temuan dari tim Giraud dipublikasikan dalam edisi online jurnal Annals of Oncologyandrogenic alopecia) adalah sangat umum, memengaruhi sekitar separuh dari semua pria di beberapa tahap dalam kehidupan mereka.

Sebelumnya, hal ini dikaitkan dengan konversi testoteron menjadi hormon androgen, dan androgen juga telah lama diketahui terlibat dalam perkembangan dan pertumbuhan kanker prostat.

Obat finasteride –yang digunakan untuk mengobati kebotakan mampu menghalangi konversi testoteron menjadi hormon androgen yang menyebabkan rambut rontok-, dan obat ini telah terbukti dapat menurunkan kejadian kanker prostat.

Untuk mengeksplorasi kemungkinan hubungan antara pola kebotakan dan kanker prostat, tim peneliti menghabiskan waktu lebih dari dua tahun untuk menganalisis perkembangan penyakit dan pola rambut rontok pada 388 pria dengan kanker prostat.

Para pria itu didiagnosis antara usia 46 dan 84 tahun. Mulai 2004, para peneliti meminta mereka untuk menunjukkan apakah mereka pernah atau tidak mengalami kebotakan sebelumnya, kapan mereka mulai mengalami kerontokan rambut dan secara khusus menyebutkan jenis rambut apa saja yang sudah rontok pada usia 20, 30, dan 40. Sebanyak 281 pria sehat terdaftar dalam studi untuk perbandingan.

Tim peneliti menemukan bahwa 37 orang dari pasien kaker prostat (dan 14 orang di antaranya dari pria sehat) telah mengalami beberapa bentuk kerontokan rambut pada usia 20 tahun, mulai garis rambut mundur ke belakang hingga menyebabkan botak di bagian atas kepala, atau kombinasi keduanya. Penulis melaporkan, segala bentuk rambut rontok pada usia 20 dikaitkan dengan kemungkinan dua kali lipat berisiko kanker prostat, tanpa pola khusus rambut rontok yang dapat dikenali dari risiko dari gejala yang lain.

Tim peneliti memperingatkan, bagaimanapun masih terlalu dini untuk menyimpulkan ada kaitan antara kebotakan rambut dan kanker prostat. Sementara itu, Dr Nelson Neal Stone, seorang profesor bidang urologi dan onkologi radiasi di Mount Sinai School of Medicine di New York City, Amerika Serikat, setuju bahwa penelitian ini sebagai umpan sebuah gagasan baru. “Ini sama sekali tidak meyakinkan,” imbuhnya.

“Pertama-tama yang harus dilihat, jumlah pasien yang terlibat dalam penelitian sangat rendah sehingga membuat interprestasi dan aplikasi yang dikaitkan dengan populasi umum sangat berisiko,” katanya.

“Tetapi, kita tahu bahwa ada faktor genetik yang membuat kanker prostat lebih umum berkembang di masyarakat,” tukas Stone.

“Sebagai contoh, pria yang memiliki saudara satu tingkat di atasnya-paman, ayah atau saudara pria-yang memiliki diagnosis kanker prostat dapat berisiko 2,5 sampai tiga kali lebih besar untuk mengambangkan kanker prostat daripada pria yang tidak memiliki keturunan seperti itu. Dan, faktor genetika juga memainkan peran penting pada pria yang mengalami kebotakan dini,” papar Stone.

“Jadi, Anda memiliki dua faktor genetik yang mungkin dapat berhubungan di antara keduanya, dan masing-masing terkait dengan tingginya kadar hormon pria pada usia muda. Jadi, mungkin faktor hormon yang paling banyak terkait pada keadaan ini,” aku Stone.

“Tetapi memang, itu sangat sulit untuk dibuktikan,” tutupnya. edisi 15 Februari 2011. Para peneliti mencatat bahwa pola kebotakan pada pria (atau biasa disebut

Tidak ada komentar: