Minggu, 06 Maret 2011

Tas Backpack Sebabkan Nyeri Punggung

KEBANYAKAN pria menggunakan tas punggung (backpack) untuk membawa segala perlengkapan kerja atau traveling-nya. Menurut penelitian, tas seperti ini dapat memperburuk postur tubuh dan membuat punggung sakit.

Trendsetter seperti pesepakbola David Beckham, rapper Jay-Z, dan aktor Brad Pitt terlihat kerap memakai aksesori fesyen fungsional ini. Padahal, menurut pakar chiropractic di Inggris yang tergabung dalam British Chiropractic Association (BCA), backpack dinyatakan bisa memperburuk punggung.

Menurut BCA, tas pria dalam berbagai ukuran—dari yang berupa tas laptop hingga messenger bag seperti petugas pos—harus digunakan dengan hati-hati. Demikian seperti dilansir dari Health24.

Sebuah studi BCA menunjukkan bahwa tas pria rata-rata (tanpa isi) beratnya mencapai 6,2 kg. Pria kerap mengisinya dengan berbagai perlengkapan kerja, seperti laptop, mp3 player, ponsel, dan peralatan gym. Bebannya tentu bertambah sangat besar. Bisa dikatakan, beban yang cukup besar untuk ditanggung oleh hanya satu bahu dalam jangka waktu lama.

"(Backpack) dapat menyebabkan nyeri punggung dan bahu dari stres berkepanjangan. Ini juga dapat memengaruhi postur tubuh. Kita harus cerdik menggunakannya, juga belajar membaca tubuh, termasuk saat kita menempatkan terlalu banyak beban pada titik tertentu," kata Tim Hutchful dari BC.

Untuk menghindari tubuh terbebani dengan backpack, BCA menyarankan Anda untuk mencari alternatif tas bahu dan tali selempangnya, menjaga tali tetap pendek, dan tidak membawa tas dalam jangka waktu lama.

Sumber : okezone.com

Tidak ada komentar: