Minggu, 06 Maret 2011

Yoga Teratur Bantu Naikkan Berat Badan

LELAH menjalani olahraga, tapi berat badan tetap jauh dari bobot yang diharapkan? Tenang, jangan dulu berputus asa. Disiplin dan konsisten dengan tujuan yang akan dicapai menjadi kunci keberhasilan.

Wanita mana yang tak menginginkan tubuhnya tampil indah? Tentu semua wanita menginginkannya. Sebagian wanita mungkin berpersepsi tubuh langsing adalah kategori ideal untuk tubuh indah. Tak heran mereka berlomba-lomba melangsingkan badan dengan berbagai cara. Namun bagi sebagian wanita lainnya, memiliki tubuh kurus bukanlah tampilan yang menyenangkan.

Nah, jika Anda berencana menaikkan bobot tubuh, berikut ini solusi ampuhnya, seperti diutarakan para ahli dari Fred Hutchhinson Cancer Research.

Bergeraklah setiap hari

Untuk mendapatkan manfaat maksimal, lakukan aktivitas aerobik selama 30-60 menit per hari.

“Anda tidak perlu olahraga atletik. Hanya cukup berjalan cepat atau menari dengan lantunan musik favorit Anda atau mencoba treadmill. Lakukan semua latihan tersebut setiap hari secara teratur,” ujar Anne McTieman, seperti dilansir Times of India. Jika terlalu berat, buatlah pembagian sesi, di mana per sesinya sepanjang 10-15 menit.

Buatlah jurnal makanan

“Berikan waktu ekstra untuk menuliskan apapun yang akan Anda makan dan minum. Dari daftar tersebut, Anda dapat melihat mana saja kalori ekstra yang berlebih dalam asupan makanan yang Anda konsumsi tersebut,” kata Caitlin Mason, peneliti kesehatan dari Divisi Ilmu Kesehatan Masyarakat di Hutchinson.

“Ada banyak alat ‘online’ yang baik untuk membantu memperkirakan kandungan kalori makanan dan melacak kemajuan berat badan Anda dari waktu ke waktu,” katanya.

Tetapkan tujuan yang realistis

Buatlah prediksi kenaikan berat badan yang realistis. Jangan terlalu memaksakan diri mencapai bobot ideal dalam waktu singkat. Untuk mencapai sukses jangka panjang, buatlah rencana untuk menaikkan sekitar 1-2 pound per minggu saja. Memang pada kenyataannya itu sulit untuk didapat, dan membutuhkan waktu beberapa bulan kemudian,” kata Mason.

Buat tujuan yang spesifik

Anda dapat menetapkan tujuan secara lebih detail, misalnya makan lima porsi sayuran per hari, berjalan-jalan selama 15 menit saat makan siang dan setiap hari minimal minum delapan gelas per hari.

“Menjadikan perilaku sehat sebagai bagian dari rutinitas dengan lebih sering akan jauh lebih mudah ketimbang sekadar berikrar semata untuk tidak mengonsumsi makanan tertentu,” kata Mason.

Lakukan yoga

Lakukan latihan yoga secara teratur dan peliharalah berat badan Anda sehingga mendapatkan perubahan berat badan yang Anda inginkan. Peneliti Alan Kristal menemukan, latihan yoga secara teratur dapat membantu penyebaran berat badan secara berlebih. Sebuah studi yang diterbitkan pada 2009 menemukan bahwa latihan yoga teratur dapat meningkatkan nafsu makan seseorang.

“Temuan ini sesuai dengan hipotesis bahwa peningkatan kesadaran yoga menyebabkan penambahan berat badan dari waktu ke waktu sesuai dengan aktivitas fisik dari latihan yoga,” kata Kristal.

Sumber : okezone.com

Tidak ada komentar: