Minggu, 06 Maret 2011

Festival Festival Sungai Pertama di Indonesia

KOTA Bandung menggelar Festival Cikapundung Bersih. Festival ini di antaranya berisi kompetisi Kukuyaan, yaitu lomba mirif arung jeram tetapi peserta harus memungut sampah. Kompetisi Kukuyaan star di sungai Cikapundung Taman Sari hingga sungai di Jalan Asia Afrika.

Walikota Bandung Ayi Vivananda mengklaim, festival itu sebagai festival sungai pertama di Indonesia. "Ini pertama di Indonesia, operasi bersih sungai sambil memperebutkan hadiah piala walikota. Tiap tahunnya nanti akan kita gelar," kata Ayi, di sela festival, Sabtu (4/3/2010).

Kompetisi Kukuyaan diikuti 200 peserta dari berbagai komunitas di Kota Bandung. Menurut Ayi, festival ini sebagai bentuk itikad masyarakat untuk mengurangi sampah yang dibuang ke Sungai Cikapundung. Selain itu, festival diharapkan bisa menumbuhkan kebiasaan tidak membuang sampah ke sungai.

"Kita juga melakukan pengarahan supaya tak buang sampah ke sungai. Dan cukup berhasil kurangi volume sampah," ujar Ayi, meski dia tidak menyebutkan jumlah volume sampah di Kota Bandung.

Sebenarnya, kata Dada, sampah Sungai Cikapundung kebanyakan berasal dari luar Bandung, misalnya dari daerah Kabupaten Bandung Barat.

Pantauan Okezone, warga sekitar sungai berbondong-bondong menonton festival tersebut. Sebagian adalah pendukung peserta festival kukuyaan. Bagi peserta yang berhasil mengumpulkan sampah sungai paling banyak, berhak mendapat piala walikota dan uang kadeudeuh.

Ida Fitriawati (28), salah satu peserta kukuyaan, bisa mengikuti festival karena sejak kecil suka bermain di sungi. Sehingga dia tidak risi main kukuyaan di sungai yang berair cokelat dan kotor. "Saya bermain di aliran sungai ini. Paling setelahnya nanti kita tinggal mandi," kata karyawan swasta ini.

sumber : okezone.com

Tidak ada komentar: