Minggu, 13 Maret 2011

PMI Tunggu Izin dari Pemerintah Jepang

JAKARTA - Palang Merah Indonesia (PMI) AKAN memberangkatkan relawannya untuk membantu upaya penanggulangan bencana gempa dan tsunami di Jepang.

Kata Sekretaris Jenderal PMI Budi A Adiputro, bantuan ini segera diberangkatkan setelah mendapat arahan dari Pemerintah Jepang maupun Palang Merah Jepang.

Hingga saat ini PMI masih menunggu laporan dari pemerintah Jepang maupun Palang Merah Jepang mengenai izin masuk ke negara tersebut dengan membawa berbagai bantuannya. Selain bantuan relawan di bidang SAR Medis serta air dan sanitasi, PMI juga akan memberangkatkan relawan khusus untuk membantu mendata warga Jepang yang mencari sanak keluarga mereka yang hilang akibat dampak gempa dan tsunami ini. Personil khusus bidang Pemulihan Hubungan Keluarga (Restoring Family Link) ini akan ditempatkan di Crisis Center milik Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tokyo Jepang dan akan bertugas selama dibutuhkan.

“Saat ini PMI tengah menyiapkan 10-20 relawan yang spesialis di bidang SAR Medis serta air dan sanitasi. Saatnya Pemerintah Jepang maupun Palang Merah Jepang membuka pintu bagi bantuan internasional, maka kita segera memberangkatkan tim kita,” tegasnya dalam rilis yang diterima okezone, Minggu (13/3/2011).

“Saat ini KBRI di Jepang sudah membuka crisis center untuk membantu masyarakat Jepang yang mencari sanak keluarga mereka yang masih belum diketahui keberadaannya. Kita akan menempatkan relawan kita disana untuk membantu mendata sekaligus menyatukan keluarga yang hilang,” imbuhnya.

Para relawan direncanakan diberangkatkan dengan bergabung bersama Tim Satuan Reaksi Cepat RI maupun di bawah bendera Federasi Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional (Federasi Internasional).

Sumber : okezone.com

Tidak ada komentar: