Minggu, 13 Maret 2011

Onsen dan Sento Tingkatkan Pariwisata Jepang

DI MASA lalu banyak rumah-rumah di Jepang yang tidak dilengkapi dengan bak mandi, oleh karena itu dibuatlah suatu tempat di mana penduduk lokal bisa pergi untuk berendam dan bersosialisasi dengan tetangga.

Ada dua jenis pemandian umum di Jepang yaitu Onsen dan Sento. Onsen adalah istilah bahasa Jepang untuk sumber air panas dan tempat mandi berendam dengan air panas yang keluar dari perut bumi, sedangkan Sento adalah jenis rumah mandi dimana pelanggan membayar untuk masuk.

Saat ini, sebagian besar rumah tangga sudah memiliki kamar mandi sendiri, jumlah Sento tradisional pun telah menurun. Namun, pemandian umum menampilkan jenis baru yaitu berbagai kolam yang berbeda, sauna, pusat kebugaran, dan lainnya telah muncul, beberapa diantaranya lebih menyerupai taman dengan tema dari rumah mandi sederhana.

Berbeda dengan Sento, sampai saat ini Onsen masih cukup diminati di kota-kota wisata yang berkembang di sekeliling sumber air panas. Sumber air panas bisa berupa air tanah yang dipanaskan oleh panas bumi atau dipanaskan manusia dengan sumber panas. Air panas bisa keluar secara alami dari dalam tanah, atau keluar setelah dibor manusia.

Sampai saat ini Sento dan Onsen sebagai tempat pemandian umum memainkan peran sentral dalam menumbuhkan tingkat pariwisata domestik Jepang.

Sumber : okezone.com

Tidak ada komentar: