Minggu, 06 Maret 2011

Efek Negatif Kurang Aktif

ORANG yang duduk atau tidak aktif secara fisik dalam jumlah waktu yang panjang memiliki risiko terkena penyakit yang lebih tinggi. Penelitian ini dipublikasikan oleh British Journal of Sports Medicine pada Januari 2010 lalu.

Semakin lama orang duduk, semakin pendek usia harapan hidup mereka. American Cancer Society dalam American Journal of Epidemiology menyebutkan, 94 persen wanita dan 48 persen pria menghabiskan waktu dengan duduk atau tidak aktif lebih dari enam jam sehari.

Risikonya, mereka meninggal lebih cepat daripada mereka yang aktif dan duduk kurang dari tiga jam sehari. Ketidakaktifan fisik berkaitan erat dengan 3,2 juta kematian tiap tahunnya, 70.000 kematian dini bagi masyarakat sebelum berusia 60 tahun di seluruh dunia, serta 90 persen kecacatan sebelum usia 60 tahun di negara-negara berkembang.Data ini dilansir oleh Badan Kesehatan Dunia PBB (WHO).

Gaya hidup sedentari atau lebih banyak duduk akan membuat Anda menjadi lebih cepat tua. Hasil riset menunjukkan bahwa orang kembar yang secara fisik aktif selama waktu luang tampak lebih muda secara biologis ketimbang saudaranya yang bergaya hidup sedentari. Itu adalah salah satu kesimpulan sebuah riset para ahli dari The King’s College, London, Inggris, yang dipublikasikan Archives of Internal Medicine.

Pola hidup yang tidak aktif meningkatkan risiko obesitas, hipertensi, dan kolesterol. Kalori yang mengendap, terutama bisa mengakibatkan diabetes tipe dua. Faktanya, persen populasi Asia kena diabetes tipe dua akibat obesitas yang tentu berawal dari kurang gerak.

Sumber : okezone.com

Tidak ada komentar: