Minggu, 06 Maret 2011

Awas, Alat Cukur si Dia Bisa Tularkan Penyakit!

KARENA alasan kepraktisan, sering kali Anda dan pasangan menggunakan alat pencukur rambut secara bergantian. Tapi, tinggal serumah belum tentu aman menggunakan barang-barang pribadi pasangan, lho!

"Menggunakan alat cukur pasangan sangat tidak aman. Terutama jika dia menderita herpes mulut, kutil, atau hepatitis B atau C (yang mengarah juga pada penyakit hati serius), di mana virus ini dapat bersemayam di alat cukur dia," kata Stephanie Bialek MD, seorang ahli penyakit infeksi di Centers for Disease Control and Prevention Atlanta, yang dikutip Cosmopolitan.

Selain melalui media perantara, beragam penyakit menular tersebut bisa tertransfer lewat hubungan intim.

"Dan ketika Anda menggunakannya, virus jahat itu dapat menyerang aliran darah melalui goresan kecil di kulit akibat alat cukur tadi. Ada lagi, hepatitis B dan C, yang juga dapat ditularkan melalui aktivitas seks, tidak selalu menelurkan gejala, sehingga Anda atau pasangan tidak pernah tahu telah terjangkit kedua penyakit itu," papar Dr Stephanie.

Lantas, bagaimana cara mencegah penyakit tersebut?

"Lebih baik bermain secara aman dengan menghindari penggunaan barang pribadi pasangan seperti sikat gigi, alat cukur, dan alat gunting kuku, yang dapat menimbulkan luka hingga akhirnya membiarkan secuil darah bersemayam di alat-alat tersebut," tutup Dr Stephanie.

sumber : okezone.com

Tidak ada komentar: