Minggu, 06 Maret 2011

Sereal Plus Susu, Sarapan Terbaik Membuka Hari Anda


JIKA ingin melewatkan hari yang berkualitas, jangan pernah lupakan sarapan dengan asupan yang bergizi. Sarapan yang bergizi tak hanya memberi modal energi untuk menyukseskan aktivitas harian Anda tapi juga menghindarkan Anda dari serangan penyakit.

Mungkin tak banyak orang menyadari bahwa sarapan sebenarnya salah satu rahasia untuk menjaga kesehatan. Karenanya, tak peduli seberapa sibuk Anda hari ini, mengisi bahan bakar tubuh dengan asupan bergizi di pagi hari sangatlah penting. Sarapan merupakan modal energi sebelum Anda memulai aktifitas. Memenuhi kebutuhan sarapan dengan asupan yang bergizi pun sangat menunjang kesuksesan aktifitas harian Anda.

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa pilihan sarapan sehat adalah mengkonsumsi sereal dengan susu. Menurut penelitian, sarapan adalah kunci gaya hidup sehat yang menentukan kualitas gizi sepanjang hari Anda. Dan cara terbaik untuk memulai pagi hari adalah dengan semangkuk sereal dimana meminimalisir kecenderungan orang untuk meninggalkan makanan yang mengandung lemak berlebih dan menggantinya dengan konsumsi makanan manis di pagi hari, seperti ditulis Times Of India.

Penelitian yang dilakukan oleh ahli gizi Gibson Sigrid dan dilansir dalam buletin BNF Gizi mengungkapkan bahwa sereal merupakan sumber kalsium dan nutrisi penting lainnya seperti serat, protein dan karbohidrat.

Tim peneliti menganalisis catatan makanan sebanyak 12.068 dari Survey Diet dan Nutrisi Nasional dimana mewawancarai orang Inggris yang berusia 19-64 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa satu dari lima orang dewasa tidak makan makanan padat untuk sarapan mereka, sementara sepertiga lainnya memilih sereal dan 45 persen lainnya memilih sarapan non sereal. Item yang paling favorit dipilih adalah teh atau kopi dimana menempati posisi 84 persen.

Mengkonsumsi susu sebagai sarapan menempati angka 82 persen yang diikuti dengan sereal sebanyak 39 persen, roti 33 persen dan buah 14 persen. Wanita biasanya tidak memilih roti, sosis, atau telur sebagai sarapannya. Sebaliknya, mereka menjadikan buah sebagai gantinya.

Studi ini menemukan bahwa sarapan dengan asupan rendah lemak dan tinggi karbohidrat sangat penting untuk menunjang energi selama 24 jam. Karenanya, jangan pernah melewatkan sarapan jika tak ingin konsentrasi dan metabolisme tubuh terganggu.

Tapi efek ini umumnya disebabkan oleh mereka yang mengkonsumsi sarapan sereal. Pasalnya, asupan ini rendah asam lemak jenuh dan rendah kandungan proteinnya. “Ini menjadi bukti bahwa sarapan sangatlah penting terutama dengan membuat pilihan menu yang tepat,” ujar Profesor Chirs Seal dari Newcastle University's yang juga anggota penelitian seperti dikutip Daily Express.

“Orang yang makan pagi dengan sereal umumnya akan terhindar dari ancaman kegemukan, lemak jenuh dan gula berlebih daripada mereka yang mengkonsumsi asupan protein lebih banyak dan mikro nutrisi seperti zat besi, vitamin dan kalsium,” tambahnya.

Sumber : okezone.com

Tidak ada komentar: