Kamis, 07 Januari 2010

Sekolah Dalam Sebuah Kepemimpinan

Kemampuan kepemimpinan kepala sekolah merupakan faktor penentu utama pemberdayaan guru dan peningkatan mutu proses dan produk pembelajaran. Kepala sekolah adalah orang yang bertanggung jawab apakah guru dan staf sekolah dapat bekerja secara optimal. Kultur sekolah dan kultur pembelajaran juga dibangun oleh gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam berinteraksi dengan komunitasnya (Kepala sekolah, guru, dan staf). Bahwa kepala sekolah untuk jenjang dan jenis sekolah apapun, merupakan orang yang memiliki tanggung jawab utama, yaitu apakah guru dan staf dapat bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. Tugas-tugas kepala sekolah bersifat ganda, yang satu sama lain memiliki kaitan erat, baik langsung atau tidak langsung. Tugas-tugas dimaksud adalah mengkoordinasi, mengarahkan, dan mendukung hal-hal yang berkaitan dengan tugas pokoknya yang sangat kompleks yaitu : merumuskan tujuan dan sasaran-sasaran sekolah , mengevaluasi kinerja guru, mengevaluasi kinerja staf sekolah , menata dan menyediakan sumber-sumber organisasi sekolah , membangun dan menciptakan iklim psikologis yang baik antar komunitas sekolah , menyusun penjadwalan kerja , mengatur masalah-masalah pembukuan , melaksanakan kegiatan lain yang mendukung operasi sekolah , melakukan fungsi supervisi pembelajaran atau pembinaan profesional dan masih banyak hal lain tentunya yang mungkin kita sama-sama sudah kita ketahui

Tidak ada komentar: