Kamis, 24 Desember 2009

Keburukan Struktur Organisasi Garis atau Staff

Saya ingin menjelaskan tentang Organisasi terlebih dahulu. Menurut saya Organisasi adalah suatu kelompok orang untuk dalam suatu wadah untuk mencapai tujuan bersama. Baik penggunaan sehari-hari atau ilmiah. Istilah ini digunakan dengan banyak cara. Kajian mengenai Organisasi sering disebut studi organisasi, perilaku organisasi atau analisa organisasi.

Organisasi garis adalah bentuk organisasi dimana wewenang dari pimpinan tertinggi dilimpahkan kepada bagian di bawahnya yang mempunyai keahlian tertentu serta sebagian dilimpahkan kepada pejabat fungsional yang koordinasinya tetap diserahkan kepada kepala bagian.
Keburukan yang terjadi saat organisasi ini biasanya adalah mayoritas pmipinan dalam organisasi ini mempunya sifat pengatur yang sangat tinggi. Keinginan harus dituruti sehingga terkadang menjadikan pegawainya tidak bisa mengeluarkan pendapatnya atau kreasi lainnya.

Organisasi Staff adalah gabungan dari organisasi garis dan organisasi fungsional yang dibantu oleh seorang staff. staff itu sendiri mempunyai arti tenaga yang mempunyai ahli yang biasanya untuk memberikan nasehat sesuai engan keahliannya.
keburukkan pada Organisasi staff ini adalah biasanya pimpinan staf melampaui batas kewenangannya, Perintah lini dan perintah staf sering membingungkan anggota organisasi karena kedua jenis hirarki sering terjadi beda pendapat.

Organisasi fungsional itu sendiri merupakan organisasi yang memanfaatkan tenaga ahli di dalam bidang khusus semaksimal mungkin, sehingga seorang pekerja dapat saja diperintah oleh lebih dari satu atasan sesuai dengan keahliannya.
keburukan dalam organisasi ini adalah menumbuhkan perspektif yang sempit dan tidak meluas. kreatifitas pegawai terkadang terhambat..

Tidak ada komentar: